Senin, 10 November 2008

Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia 13-18 tahun. Pada usia tersebut, seseorang sudah melampaui masa kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Ia berada pada masa transisi.





Definisi kenakalan remaja menurut para ahli
· Kartono, ilmuwan sosiologi
Kenakalan Remaja atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah juvenile delinquency merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang".
· Santrock "Kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal."

Sejak kapan masalah kenakalan remaja mulai disoroti?
Masalah kenakalan remaja mulai mendapat perhatian masyarakat secara khusus sejak terbentuknya peradilan untuk anak-anak nakal (juvenile court) pada 1899 di Illinois, Amerika Serikat.

Jenis-jenis kenakalan remaja
- Penyalahgunaan narkoba
- Seks bebas
- Tawuran antara pelajar

Penyebab terjadinya kenakalan remaja
Perilaku 'nakal' remaja bisa disebabkan oleh faktor dari remaja itu sendiri (internal) maupun faktor dari luar (eksternal).

Faktor internal:
Krisis identitas akibat perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi pada remaja.
1. Integrasi pertama adalah terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya sehari-hari.
2. Integrasi kedua yaitu tercapainya identitas peran remaja dalam lingkungannya.
Kenakalan ramaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua.

Kontrol diri yang lemah, tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang patut dilakukan maupun tidak patut dilakukan akan menyeret Remaja pada perilaku 'nakal'. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.

Faktor eksternal:
1. Keluarga
Perceraian orangtua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja. Pendidikan yang salah di keluarga seperti terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap eksistensi anak, bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja.

2. Teman sebaya yang kurang baik

3. Komunitas/lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja:
1. Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan. Remaja harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada tahap ini.

2. Adanya motivasi dari keluarga, guru dan teman sebaya. (bisa dalam bentuk organisasi OSIS, Remaja Masjid, Karang Taruna)

3. Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, dan nyaman bagi remaja.

4. Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul.

5. Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.

11 komentar:

  1. Kepada pengurus OSIS SMP 2 Krian yang baru, kami ucapkan selamat atas terpilihnya anda. Semoga akan memberikan warna baru yang lebih baik bagi kemajuan SMP Negeri 2 Krian.

    Salam dari alumni

    BalasHapus
  2. Halo teman-2 OSIS SMP 2 KRIAN semoga sukses selalu

    Salam,

    Shinta

    BalasHapus
  3. Saya berharap, siswa smp 2 krian dapat mensikapi secara positif artikel diatas guna perbaikan sesuai visi dan misi smp 2 krian

    Wali murid smp 2 krian

    BalasHapus
  4. BOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOONNEKK
    SMPT D HT SMPN 2 KRIAN




    FROM:RIZKYWD7G
    FOR:BONEK SUMPUT

    BalasHapus
  5. BBBBBBBBBBBBBBBBBBBBOOOOOOONNNNEK





    SSSSSSSSSSSSSSUUUUMPUT



    D HT RIZKY
    7G
    BW26

    BalasHapus
  6. semoga osis smpn2 tambah cantik........................... cantik.....................

    BalasHapus
  7. sxasxasxsxxasdcdfrwfcdscsx

    BalasHapus
  8. cicoooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo
    edi iiiiiiiiiiiiiiiii
    yayah
    soupan
    robert
    sisun
    susisssssss
    nurieeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    BalasHapus
  9. Jadikan SMP Negeri 2 Krian sebagai SMP Favorit diwilayah Krian.Gedungmu Megah,Gagah.Semoga kekuatan didalamnya sehebat bangunan fisiknya.Bukan sekedar menjadikan siswamu menjadi cerdas, tetapi juga harus berKARAKTER. Seperti semboyanmu RELIGI, DISIPLIN, JUJUR, KERJA KERAS. Brafo SPENDAGA semoga harapanku menjadi kenyataan.[ alumnimu ]

    BalasHapus
  10. Jadikan SMP Negeri 2 Krian sebagai SMP favorit di wilayah Krian. Bangunanmu megah gagah, semoga didalamnya tersimpan potensi para pendidik yang mumpuni pula, sehingga mampu mencetak generasi cerdas dan "BERKARAKTER". seperti semboyanmu RELIGI, DISIPLIN, JUJUR, KERJA KERAS. Brafo SPENDAKA (alumnimu)

    BalasHapus